Tips Menghadapi Lingkungan Kantor

Publicado por admin 16 de October de 2010

Sebab bagaimanapun, Anda akan lebih mudah mengaktualisasikan diri jika diterima dengan baik oleh lingkungan kerja Anda. Sedih rasanya jika lingkungan kerja tidak menerima Anda. Anda bagai bekerja di tengah-tengah suku terasing. Mau tau tidak tanda-tanda atau ciri-ciri bahwa Anda kurang atau bahkan tidak diterima di lingkungan kerja Anda. Nah, sebelum terjadi pada diri Anda, coba simak tanda-tandanya:

1. Orang-orang enggan membalas senyum dan sapaan Anda

Bagaimana perasaan Anda jika Anda sudah mencoba tersenyum seramah mungkin tetapi orang yang Anda senyumi hanya menanggapi dengan dingin? Pasti menyakitkan bukan..? Apalagi bila sapaan Anda hanya dianggap “angin lalu”.

2. Nggak ada yang bersemangat melakukan kegiatan bersama Anda

Hal satu ini merupakan ciri-ciri yang paling jelas bahwa Anda tidak diterima oleh lingkungan kerja Anda. Kalau merekagosip-2 terkesan ogah-ogahan bekerja sama dengan Anda, Anda harus segera tanggap bahwa Anda kurang diterima oleh mereka. Seandainya pun mereka mau melakukannya, mereka terkesan sangat terpaksa.

3. Basa-basi mereka pada Anda terlihat berlebihan

Jika basa-basi yang mereka lontarkan pada Anda terkesan berlebihan, maka hati-hati! Jangan menganggap bahwa basa-basi yang kelewatan itu sebagai pertanda baik. Justru sebaliknya, basa-basi yang berlebihan merupakan pertanda bahwa sebenarnya mereka menganggap Anda tidak perlu dilibatkan dalam lingkungan mereka.

4. Anda dilewatkan dalam kegiatan yang dilakukan bersama

Jika rekan-rekan di kantor nggak pernah lagi mengajak Anda makan bersama, ngobrol, ataupun kegiatan lain yang kerap dilakukan bersama, maka hal ini merupakan pertanda bahwa mereka merasa tidak nyaman bersama Anda. Atau jika rekan-rekan Anda tengah merencanakan rekreasi bersama sementara Anda tak diikutsertakan, jelas ini merupakan indikasi bahwa mereka malas berbagi kesenangan bersama Anda. Mungkin mereka merasa kehadiran Anda justru merupakan suatu gangguan.

5. Banyak hal yang dirahasiakan pada Andagosip

Jika mereka sedang bicara dan ngobrol tetapi kemudian terdiam saat Anda lewat, maka ini juga merupakan tanda bahwa Anda kurang diterima oleh mereka. Mereka tidak ingin pembicaraannya terdengar oleh Anda, sekalipun itu bukan sesuatu yang amat rahasia.

Nah, apakah Anda merasakan tanda-tanda tersebut? Kalau Anda merasakannya, jangan cepat mengambil keputusan bahwa merekalah yang salah. Kalau hampir semua orang bersikap demikian pada Anda, mungkin Andalah yang harus introspeksi diri. Siapa tahu sikap Anda selama ini sama sekali tak menyenangkan. Misalnya selama ini Anda terlalu sok tahu, sok pintar, atau mungkin juga Anda sering mencela dan mencari kesalahan orang lain. Jika memang demikian sifat Anda, maka mulailah mengubahnya! Ingat, jika Anda ingin diterima oleh lingkungan, Anda harus tampil sebagai pribadi yang pandai menyesuaikan diri. Anda setuju…?

Sumber: Diksi, Bekerja itu Bahagia, hal 153-156

El URL para enviar trackback a esta entrada es: