August 2017
M T W T F S S
« Apr    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

[ubuntu] masih belum bosan dengan Windows?

Saya menulis post ini bukan berarti saya menjelekkan Windows. Bagi banyak orang, termasuk saya, mengawali perjalanan ICT nya dengan Microsoft DOS, ada yang pakai IBM-DOS, atau dulu ada DR-DOS. Ketiganya sama, text-based operating system.

Kemudian di akhir era 80an Microsoft mengeluarkan Windows 2.0, disambung 3.0, dan melejit dengan Windows 3.1. Bagi yang belim lahir, silahkan googling atau tanya ke ayah atau kakeknya.

Pertama kali saya pakai Windows, adalah versi 3.1. Berjalan terus sampai Win xP (yang dihentikan supportnya oleh Microsoft beberapa hari yang lalu).

OS yang bagus hanya pasti punya keterbatasan, yaitu kita sangat bergantung kepada kehandalan kode yang dibuat oleh MS (Microsoft). Kenapa? Karena kodenya ditutup rapat-rapat atau dikenal dengan istilah proprietary (CMIIW).

Kemudian muncullah Linux yang kemudian berkembang pesat dengan berbagai variannya. Salah satunya adalah Ubuntu (konon berasal dari Bahasa Afrika).

Nah buat yang sudah bosan Windows atau karena keperluan kerjanya perlu beralih ke Linux-based OS, ini ada sedikit cerita “pemotivasi” :-)

https://plus.google.com/118070412886913325544/posts/TqxsD7YvM1J

[edu] what next after graduation

after-graduation-mindmap

I wish I was still in school

ilustrasi

Pertanyaan ini sering muncul saat saya lulus dulu. Maklum lulus di tahun 1998 saat krisis ekonomi atau banyak disebut krismon di periode 1997-1998. Saat itu harga kertas A4 Bola Dunia melonjak tiga kali lipat dari kisaran Rp. 11.000 - Rp. 13.000 an menjadi hampir Rp. 40.000,-. Jangan tanya harga rapido ya :-). Apa itu rapido lihat di sini (http://rapidographjakarta.blogspot.com.au/). Barang itu dulu bak software ArcGIS jaman sekarang.

Kembali ke cerita saya. Dulu banyak teman saya bilang, “wah kalau tahu akan ada krisis begini, jangan lulus dulu deh”, dan kalimat-kalimat semacamnya. Sementara saya waktu itu sedang tekanan darah rendah karena ditekan pembimbing harus lulus tepat waktu. “sekarang atau tidak sama sekali”, begitu ancamnya. Wah dulu gemetar juga dapat kalimat seperti itu dari pembimbing. :-) Akhirnya saya pilih untuk lulus cepat.

Dan apa yang terjadi, terkadang pilihan baru (yang sebelumnya tidak terlihat) tiba-tiba muncul di saat yang tidak disangka. Pilihan itu akan muncul hanya kalau saya sudah lulus. Teman-teman saya yang laihn agak bingung dengan pilihan saya. Saat itu pilihan melanjutkan pendidikan ke S2 masih “aneh”.

Saran saya buat peta pikiran (mind map) tentang pilihan-pilihan anda serta konsekuensi yang akan timbul. Tidak perlu terlalu rapih, karena pada dasarnya otak kita ini acak dan tidak teratur. Oleh karena itu kita pakai format mindmap (seperti contoh gambar di atas), bukan flowchart.

Selamat mencoba…




Selamat wisudawan April 2014







Congrats graduates

Selamat kepada para wisudawan April 2014. Khususnya untuk lulusan S1, mungkin perasaan anda semua sama dengan saat saya diwisuda 16 tahun. Perasaan bangga, sedih, takut. Bangga karena sudah berhasil lulus dari institusi pendidikan terbaik di negeri ini. Sedih karena harus secepatnya meninggalkan empat tahun terbaik yang pernah dirasakan sejak terlahir di dunia. Takut karena setelah ini langkah saya adalah langkah saya. Bukan atas nasihat orang tua, petunjuk dosen wali, atau perintah dosen pembimbing. Tapi benar-benar atas pilihan saya sendiri, yang juga akan segera menjadi pilihan anda juga semuanya.

Tugas kami sebagai dosen anda semua sudah selesai.
Orang tua anda pasti sudah menarik napas lega, sebaris kernyit di dahi beliau sudah berkurang.
Sekarang giliran anda mengambil keputusan. Seperti yang sering saya sampaikan hidup adalah petualangan. You never know, what will come out around the corner.

The following is an old Irish saying:

May the road rise to meet you,
May the wind be always at your back,
May the sun shine warm upon your face,
The rains fall soft upon your fields and,
Until we meet again,
May God hold you in the palm of His hand.

Sampai jumpa lagi :-)

{@dasaptaerwin}