About

BUDI BRAHMANTYO (pengelola “budibumi’)

Ia lahir di Bandung, 19 Desember 1962 dari ayah bernama Supandi, kelahiran Purworejo, dan ibu bernama A. Sulaeha, kelahiran Tasikmalaya. Pendidikan dasar dan menengah ditempuhnya di Bandung (SD Moh. Toha VI, SMPN III, SMAN IV). Gelar sarjana Teknik Geologi diraihnya dari Jurusan Teknik Geologi ITB (lulus 1988), sarjana master Geologi Kuarter dari Niigata Univerity, Jepang (1998), dan doktor di bidang Geologi Karst dari ITB (2005).

Suami dari Rini Praharati (Guru IPS di SMK 10 Bandung) dan ayah dari dua puteri (Betari Dinaisha, lulus dari Manajemen UNPAR, dan Ramiza Naufalia, Bisnis Adm UNPAR)  ini bekerja sehari-hari sebagai staf pengajar di Program Studi Teknik Geologi, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB), Institut Teknologi Bandung (ITB). Di ITB, ia saat ini menduduki jabatan sebagai Ketua Program Studi Teknik Geologi, FITB (sejak Januari 2012). Pernah menjabat sebagai Kepala Pusat Perencanaan dan Pengembangan Kepariwistaaan (P-P2Par) 2007 – 2011.

Ia aktif sebagai koordinator Kelompok Riset Cekungan Bandung (KRCB) yang berdiri 12 Desember 2000, yaitu kelompok lintas disiplin yang banyak memerhatikan permasalahan lingkungan kebumian di Cekungan Bandung khususnya, Jawa Barat dan Indonesia pada umumnya. Ia juga aktif di Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI; No. anggota 1798), terutama dalam aspek Geologi Karst, Geologi Lingkungan, Geologi Kerekayasaan, Geomorfologi dan Geowisata.

Ia banyak menulis di surat kabar, khususnya Pikiran Rakyat dan Kompas Lembar Jawa Barat, di Majalah Geologi Populer GEOMAGZ (sebagai redaktur), selain menulis artikel ilmiah di jurnal-jurnal atau prosiding. Bukunya yang telah terbit adalah Menelusuri Jejak Manusia Sunda Purba dari Gua Pawon (KRCB 2001, ditulis bersama Eko Yulianto),  Amanat Gua Pawon (KRCB 2004; editor dan penulis bersama T. Bachtiar), Geologi Cekungan Bandung (buku catatan kuliah di ITB, 2004), dan Geowisata Sejarah Bumi Bandung (KRCB dan BG, 2006; ditulis bersama Dhian Damajani, Seruni Kusumawardhani, dan T. Bachtiar), Wisata Bumi Cekungan Bandung (ditulis bersama T. Bachtiar, Truedee Pusataka Sejati, 2009), Pengantar Ilmu dan Teknologi Kebumian (buku catatan kuliah, FITB, 2009; ditulis bersama Bobby S. Dipokusumo, Dadang K. Miharja, dan Bajong Tjasjono), Geowisata Bali Nusa Tenggara (Badan Geologi, 2014)

Penghargaan yang diterimanya, antara lain: 1). Salah seorang perintis Geowisata dari Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) 2009, dan 2). Penghargaan 7101 dari Ikatan Alumni Teknik Geologi (IAGL) ITB 2010 atas konsistensi dalam mengembangkan geologi, dan dosen teladan tingkat fakultas di FITB, ITB tahun 2013.

Ia tinggal di Bandung.

Email: budibr19@gmail.com, dan budibr@gc.itb.ac.id, serta dapat minta konfirmasi sebagai teman di facebook.