Dua puluh empat syarat menjadi Atlantis; mungkinkah Indonesia?

Atlantis: Kalau benar ada, kapan dan dimana?

Setelah tulisan saya, dengan argumen geologis-arkeologis, di Harian Pikiran Rakyat Sabtu 7 Oktober 2006 yang menafikan pendapat bahwa benua mitos Atlantis adalah di Indonesia dan menolak pendapat seorang Brasil Profesor Arysio Nunes dos Santos dalam bukunya berjudul “Atlantis, The Lost Continent Finally Found, The Definitive Localization of Plato’s Lost Civilization” yang menyatakan bahwa Atlantis adalah Indonesia, masih banyak komentar (bahkan yakin) bahwa benua Atlantis adalah Indonesia, tepatnya Sundaland (paparan Sunda).

Di bawah ini saya kutipkan 24 syarat Atlantis (di mana saja di seluruh dunia) hasil kesepakatan para peneliti Atlantis dari 15 negara yang berkumpul di Pulau Milos, Yunani, dari 11 hingga 13 Juli 2005. Mereka bertukar pikiran mengenai keberadaan Benua Atlantis.

Selama konferensi dengan judul “Hipotesis Atlantis – Mencari Benua yang Hilang”, para spesialis dalam bidang arkeologi, geologi, volkanologi dan ilmu-ilmu lain memperesentasikan pandangannya tentang keberadaan Atlantis, waktu menghilangnya, penyebabnya, dan kebudayaannya.

Berdasarkan kepada tulisan Plato, peserta konferensi akhirnya setuju pada 24 kriteria yang secara geografis harus memenuhi persyaratan keberadaan lokasi Atlantis, yaitu:
1. Metropolis Atlantis harus terletak di suatu tempat yang tanahnya pernah ada atau sebagian masih ada.
2. Metropolis Atlantis harus mempunyai morfologi yang jelas berupa selang-seling daratan dan perairan yang berbentuk cincin memusat.
3. Atlantis harus berada di luar Pilar-pilar Hercules.
4. Metropolis Atlantis lebih besar dari Libya dan Anatolia, dan Timur Tengah dan Sinai (gabungan).
5. Atlantis harus pernah dihuni oleh masyarakat maju/beradab/cerdas (literate population) dengan ketrampilan dalam bidang metalurgi dan navigasi.
6. Metropolis Atlantis harus secara rutin dapat dicapai melalui laut dari Athena.
7. Pada waktu itu, Atlantis harus berada dalam situasi perang dengan Athena.
8. Metropolis Atlantis harus mengalami penderitaan dan kehancuran fisik parah yang tidak terperikan (unprecedented proportions).
9. Metropolis Atlantis harus tenggelam seluruhnya atau sebagian di bawah air.
10. Waktu kehancuran Metropolis Atlantis adalah 9000 tahun Mesir, sebelum abad ke-6 SM.
11. Bagian dari Atlantis berada sejauh 50 stadia (7,5 km) dari kota.
12. Atlantis padat penduduk yang cukup untuk mendukung suatu pasukan besar (10.000 kereta perang, 1.200 kapal, 1.200.000 pasukan)
13. Ciri agama penduduk Atlantis adalah mengurbankan banteng-banteng.
14. Kehancuran Atlantis dibarengi oleh adanya gempa bumi.
15. Setelah kehancuran Atlantis, jalur pelayaran tertutup.
16. Gajah-gajah hidup di Atlantis.
17. Tidak mungkin terjadi proses-proses selain proses-proses fisik atau geologis yang menyebabkan kehancuran Atlantis.
18. Banyak mata air panas dan dingin, dengan kandungan endapan mineral, terdapat di Atlantis.
19. Atlantis terletak di dataran pantai berukuran 2000 X 3000 stadia, dikelilingi oleh pegunungan yang langsung berbatasan dengan laut.
20. Atlantis menguasai negara-negara lain pada zamannya.
21. Angin di Atlantis berhembus dari arah utara (hanya terjadi di belahan bumi utara)
22. Batuan Atlantis terdiri dari bermacam warna: hitam, putih, dan merah.
23. Banyak saluran-saluran irigasi dibuat di Atlantis.
24. Setiap 5 dan 6 tahun sekali, penduduk Atlantis berkurban banteng.

Mungkinkah Sundaland? Di Indonesia? Silakan pertimbangkan sendiri…

Saya lebih cenderung kepada pendapat yang menyatakan bahwa “the location of Atlantis was in Plato’s mind.”

Silakan baca juga tentang penafian Atlantis di Indonesia di blog ini, di http://blog.fitb.itb.ac.id/BBrahmantyo/?p=42

dan bahasan bukunya Santos di http://blog.fitb.itb.ac.id/BBrahmantyo/?p=418

93 comments to Dua puluh empat syarat menjadi Atlantis; mungkinkah Indonesia?

  • Wolfpack

    Orang2 ribut soal Atlantis tapi melupakan benua hilang yang lainnya yg sebenarnya nggak kalah hebatnya dengan Atlantis, bahkan pernah berperang melawan Atlantis….. Lemuria/Mu, kalau saya sebenarnya lebih tertarik meneliti keberadaan Lemuria/Mu.. :-)

  • REE

    ya semuanya perlu bukti ilmiah. tapi terlepas dari itu semua, kita nggak bisa pungkiri kalo nenek moyang kita memang punya peradaban yang tinggi, ilmu navigasi jg arsitektur dari dulu sudah dikuasai oleh leluhur kita. kalau memang atlantis ada ditataran sunda itu akan jadi lecutan semangat buat kita buat jadi lebih baik lagi, itu berarti kita memang keturunan Peradaban yang agung. tidak pun jg tidak apa2, yg jelas dari dulu nenek moyang kita adalah penakluk dan penjelajah yg jg sama hebatnya. kalo saya lebih suka cerita JAYABAYA saja, yg pada ahirnya meramalkan bangsa kita nantinya adalah bangsa yang maju dan dihormati karena kebesarannya. dan yg paling penting jangan sampai isu ini jadi bumerang buat kita.

  • aku percaya antlantis ada tetapi jangan hanya itu saja yang di perdebatkan.

  • jawabanya cuma satu….MESIN WAKTU!

  • Fahmi

    Sampean ini aneh…
    Tak perlu tergesa-gesa membantah …

    Kalau saya jadi sampean ….
    Saya akan melakukan penelitian utk membuktikan kebenaran temuan Prof. Santos
    Saya akan mengajak para ilmuan dari Indonesia untuk duduk bersama, kemudian mendengar pendapat-pendapat mereka …

    Dan tidak serta-merta membantah …
    Dan tidak serta-merta merasa gagah dengan bantahan itu …

    Saya meragukan etika keilmuan sampean …
    Sebaiknya mesantern dulu deh …

  • adi

    saya kira semua tidak bisa di logikakan dengan logika pikir manusia bang !!!! berbicara atlantis sama halnya berbicara menganai dimanakah pusat kerajaan majapahit berada !!! semua bukti hanya tertuju pada beberapa titik yang sebenarnya itu adalah sebuah ilusi….namun kenyataannya sampai saat ini masih tidak ada seorang ilmuan dan geolog yang bisa membongkar tabir dan tanda-tanda yang ada di gunung arjuna yang letaknya membentang antara malang hingga mojokerto, karena sebenarnya disanalah pusat kerajaan majapahit yang sesuangguhnya

  • adit

    Menurut gw, dikatakan indonesia aadalah atlantis, tetapi peradaban itu hancur ketika mereka berperang dengan athena. Nah, kalo dari Indonesia ke athena naek apaan? Getek? malah pesawat blom ada pas jaman itu:)

  • indonesia lover

    klo menafikan itu tidak perlu membuktikan, tapi klo meyakinkan perlu pembuktian

    anda menafikan tapi tidak bisa memberi opini dimana posisinya menurut anda

  • beniube

    yang jelas dari cerita turun temurun, bahkan keluarga saya adalah orang kejawen bercerita dan meminta untuk diingat dan dijadikan moti4si hidup, pd jaman dulu “jawa” adalah pusat peradaban, maju, kuat, manusia dg hewan bisa saling berbicara, dan kemudian terkena bencana yang sangat besar dan dahsyat. jd teringat cerita nabi Sulaiman as.

  • Mul'am Sambas

    Ketika Allah ingin Menciptakan Adam,Malaikat bertanya…Ya Allah Mengapa Engkau Ciptakan lagi Manusia, sedangkan Engkau tahu bahwa manusia itu suka berbuat kerusakan dan berbunuh bunuhan????…..(Sebelum adam ada manusia Atlantis????.atlantis adalah sebuah daratan baru dimana tidak ada lagi gunung berapi di daratan tersebut yang aktif!!!!

  • Mul'am Sambas

    ini bukan teori ,tetapi fakta!!! Nekara tertua(pra sejarah) di Indonesia ditemukan di Sambas!Kalimantsn Barat.Patung Budya emas Mahayana di klaim oleh arkeolog dan antropolog sebagai peradaban budha tertua di Indonesia pun ditemukan di Sambas Kalimantan Barat,yang sekarang artifak tersebut telah berada di Southebys London.Nah…..Kalimantan Barat adalah daratan besar dimana mempunyai gunung yang sangat banyak tapi satupun tidak ada yang aktif.Mempunyai ratusan suku,ratusan bahasa………..bantu saya,,,,,,saya bingung…….chat saya di fb.bantu saya…..mul’am sambas

  • menurut saya kita nikmati aja perkembangannya, lagian orang pada sibuk ngebahas ini negara kita untung ko, jika orang percaya atlantis adalah indonesia akan banyak turis yang datang ke negara kita dan itu adalah berkat prof santos

    beberapa buktinya santos kuat ko
    tentang khatulistiwa
    emang sampe sekarang cuma indonesia yg berlimpah sinar matahari

    adakah negara lain?

  • Prayogo Koesoemo

    Jika benar Atlantis dulu di Indonesia, apakah tidak mungkin bahwa agama Hindu pertama kali juga adanya di Indonesia, bukan di India ?

  • Prayogo Koesoemo

    Jika memang demikian (Atlantis terletak di Indonesia)kan ada kemungkinan Agama Hindu sebagai salah satu agama tertua berkembang pertama kali di Indonesia dan baru menyebar ke negara negara lain,jadi asal usul agama Hindu bukan di India. Mungkin ini bisa diteliti dalam satu paket.

  • indraz

    hidup jangan memikirkan yang lalu tuan tuan sekalian .. hidup ada didepan .. gapailah apa yg menjadi panutan.. jangan yg ga ada yg di gapai .. percuma .. sayang waktu sayang tenaga.. jangan kawatir masalah atlantis.. masih banyak atlantis atlantis yang akan kita buat nantinya .. *itu semuakan hanya katanya* !! (sangat lah bersyukur kita ini masih bisa hidup dengan kemampuan.. apa lagi dinegri penuh berkah ini .. semoga saja atlantis yg akan ada didepannya lebih maju dari pada yg di bicarakan .. !!

  • ole

    hahahaha….di jawa juga ud ada atlantis,PORONG SIDOARJO…tenggelam lumpur

  • sahroni erlangga

    nenek moyang kita adalah bangsa yang hebat maka jangan mau diperbudak bangsa lain…bangsa yahudi,bangsa arab,bangsa aria mereka itu gak ada apa-apanya bahkan negeri Saba/sheba (ratu bilqis bukan berada di yaman melain kan di indonesia

  • de ja vu

    unname
    July 8th, 2011 at 11:59 pm
    gan, menurut penelitian yang sudah gw lakukan, dari hub antar kutub-kutub bumi dan berbagai teori dari Plato, menurut gw indonesia bukanlah atlantis. kalo kutub bumi bergeser, tentunya garis khatulistiwa juga bergeser. sudah 11.500 tahun lamanya sejak atlantis hilang. gw pernah baca artikel, katanya dari tahun 1831-1904 kutub bumi bergeser sejauh 54 km dan kalo hitungan dan analisa gw benar, kita tidak akan pernah bisa melihat atlantis seumur hidup kita. sebab hitungan gw, bumi memerlukan kurang lebih 46.903 tahun lagi untuk kembali ke posisi awal saat atlantis tenggelam, garis khatulistiwa saat posisi itulah yang dapat di pakai untuk menentukan lokasi atlantis. benar kan.

    hehe, tapi ngak yakin gw, soalnya artikel yang gw baca blm tentu infonya tepat.. kalo info dari artikel itu semua tepat si mungkin perkiraan gw bener.. hehe..

    menanggapi postingan mas bro…
    kita gak tau kan bentuk permukaan bumi pada waktu itu kaya gimana…?
    jadi bukan gak mungkin posisi daratan dulu gak sama sama posisi daratan sekarang…

    karena ada sebagian orang pernah berpendapat, dulu Amerika Selatan dan Afrika itu 1, itu di simpulkan dari bentuk pesisir barat Africa dan Pesisir Timur Amerika Selatan yang seakan seperti 1 daratan yang ter potong.

    jadi soal Posisi Atlantis juga….., siapa yang tau….?

    Allahu’alam…..

  • Arfi

    bisa saja di Indonesia kalo piramida tua di jabar bener….

  • Arfi

    artinya sejak dulu kita sudah ditimpakan bencana besar…apa berarti nenek moyang kita jg suka membangkang kpd Tuhan YME…..

  • cewe

    aaaaaaaa… semua ilmu kya’a blm bner niih.. percuma bljr Sejarah.!

  • Penjawab

    lolos: 13
    ragu: 3
    gagal: 8

    nilai = 54% (lumayan lah), mungkin tapi gak meyakinkan.

    1. Metropolis Atlantis harus terletak di suatu tempat yang tanahnya pernah ada atau sebagian masih ada. LOLOS
    2. Metropolis Atlantis harus mempunyai morfologi yang jelas berupa selang-seling daratan dan perairan yang berbentuk cincin memusat. LOLOS
    3. Atlantis harus berada di luar Pilar-pilar Hercules. RAGU
    4. Metropolis Atlantis lebih besar dari Libya dan Anatolia, dan Timur Tengah dan Sinai (gabungan). GAGAL
    5. Atlantis harus pernah dihuni oleh masyarakat maju/beradab/cerdas (literate population) dengan ketrampilan dalam bidang metalurgi dan navigasi. GAGAL
    6. Metropolis Atlantis harus secara rutin dapat dicapai melalui laut dari Athena. GAGAL
    7. Pada waktu itu, Atlantis harus berada dalam situasi perang dengan Athena. GAGAL
    8. Metropolis Atlantis harus mengalami penderitaan dan kehancuran fisik parah yang tidak terperikan (unprecedented proportions). RAGU
    9. Metropolis Atlantis harus tenggelam seluruhnya atau sebagian di bawah air. LOLOS
    10. Waktu kehancuran Metropolis Atlantis adalah 9000 tahun Mesir, sebelum abad ke-6 SM. RAGU
    11. Bagian dari Atlantis berada sejauh 50 stadia (7,5 km) dari kota. LOLOS (7.5km sih dekat lah)
    12. Atlantis padat penduduk yang cukup untuk mendukung suatu pasukan besar (10.000 kereta perang, 1.200 kapal, 1.200.000 pasukan) LOLOS
    13. Ciri agama penduduk Atlantis adalah mengurbankan banteng-banteng. GAGAL
    14. Kehancuran Atlantis dibarengi oleh adanya gempa bumi. LOLOS
    15. Setelah kehancuran Atlantis, jalur pelayaran tertutup. GAGAL (perlayaran jalan terus sepanjang masa)
    16. Gajah-gajah hidup di Atlantis. LOLOS
    17. Tidak mungkin terjadi proses-proses selain proses-proses fisik atau geologis yang menyebabkan kehancuran Atlantis. LOLOS (penduduk kita naik terus)
    18. Banyak mata air panas dan dingin, dengan kandungan endapan mineral, terdapat di Atlantis. LOLOS
    19. Atlantis terletak di dataran pantai berukuran 2000 X 3000 stadia, dikelilingi oleh pegunungan yang langsung berbatasan dengan laut. LOLOS
    20. Atlantis menguasai negara-negara lain pada zamannya. LOLOS
    21. Angin di Atlantis berhembus dari arah utara (hanya terjadi di belahan bumi utara) GAGAL
    22. Batuan Atlantis terdiri dari bermacam warna: hitam, putih, dan merah. LOLOS
    23. Banyak saluran-saluran irigasi dibuat di Atlantis. LOLOS
    24. Setiap 5 dan 6 tahun sekali, penduduk Atlantis berkurban banteng. GAGAL

  • Azem

    Menurut saya ke 24 kriteria memungkinkan indonesia sbg atlantis. Jika benar atlantis itu dulunya brada di indonesia, maka teori yg menyebutkan bahwa nenek moyang bangsa indonesia berasal dari china, taiwan dan india dengan otomatis terpatahkan. justru indonesia adalah nenek moyang bangsa-bangsa itu.
    Kabar terbaru disebutkan dalam berbagai situs bahwa nenek moyang orang korea utara adalah brasal dr sekitar kabupaten pagar alam, empat lawang sumatera selatan, karena kemiripan genetiknya… Bukan tidak mungkin bangsa-bangsa lain seperti: mesir, india, azteb, maya, aborigin, china juga nenek moyang mereka berasal dari indonesia yaitu orang-orang atlantis yang berhasil lolos dari bencana dahsyat itu…

  • Ridho

    ha.ha.ha.ha.ha.ha pada ribut atlantis………sesuatu yang nggak mungkin kalau atlantis itu di indonesia. yang pasti jangan pernah berpikir antlantis di indonesia kecuali sambil makan kecubung. jadi pada saat kita merasa sehat sebaiknya kita melihat kebelakang tentang sejarah negeri ini dan mari kita lihat langkah yang telah dilalui dan juga langkah yang akan diambil menuju ke masa depan agar tidak melenceng dari arah tujuan lahirnya negeri ini. persetan dengan syarat lokasi atlantis kecuali ada penambahan satu syarat bahwa “metropolis atlantis terletak dinegeri yang pemerintahnya sangat mencintai korupsi”

  • Bagus A.

    Allah menciptakan kita yg gak sempurna, makanya ga tau trs.Nih saya kasih bocoran, sebenarnya atlantis tuh nama dari samudra terbesar kedua dunia, atlantik.Jadi, pulau atlantis tepat di tengah tengah samudra atlantik, dan tenggelam pada 9000 sebelum masehi

  • EDI

    Terlepas bener dan tidaknya Pak Santos.. ternyata yang bilang Indonesia negeri yang kaya raya bukan cuma nyanyian pengantar tidur… Hasil sebuah penelitian selama 25 tahun oleh seorang profesor (pastinya botak), menegaskan kalo kita negeri serba ada. Jadi ayo kita belajar mencintai negeri sendiri, jangan berjiwa kerdil yang bisanya hanya mencela dan menghujat, termasuk kepada negeri sendiri.

  • siam

    ngapain ngeributin pepesan kosong, percuma punya sejarah sama budaya yang hebat kalo yang mimpin ga da yang bisa exploitasi RI ke arah yang lebih baik.

  • Reign Man

    Untuk menguasai peradaban manusia yg cukup tinggi dibutuhkan sumber daya. Nah sumber daya yang melimpah di dunia ini cuma ada di 1 negara yaitu tanah air ku INDONESIA. Orang asing pada kelompok2 elite tertentu sangat paham hal ini dan mereka mati-matian menyembunyikan rahasia ini. Karena mereka tidak ingin semua orang tahu, dan berniat menguasai semua sumber daya alam dgn membodohi masyarakatnya lewat suap ke para pemimpinnya.

  • yuwana galih wibawa

    Keilmuan sampean memang patut diragukan, dengan menggunakan nama besar ITB sampean memalukan, hanya bisa menolak dengan alibi pertemuan Maha Guru arkeolog ataupun apapun, pantaslah dulu Jusuf Kalla pernah mengungkapkan BUBARKAN SAJA LIPI karena tidak ada hasilnya, setiap analisa didasarkan oleh teori orang, menurut ini itu.
    Benar kata tanggapan sebelumnya, Lebih baek anda melakukan penelitian kalo mau menolaknya jangan mendasarkan atas penelitian orang Malu COY Dengan ALMAMATER MU….

  • Herwin

    Rkan2 di slruh Nusantara, kt tdk ush sibuk mmkrkan kota atlantis yg hilang, cb kita pikirkan negri kita tercinta (Indonesia)yg dl trkenal akan budaya,beragam bahasa, toleransi bragamanya dn kesopannya, tp skrang semua itu sdh hilang dimana2 yg ada hya ribut dan ribut memikirkan nasibnya sendiri, menurut saya sih Atlatis itu orang yg tamak seperti org2 yg korupsi uang rakyat itu baru Atlantis Bro.

  • nurulrahmanusa

    butuh mesin waktu,,
    dan kabarnya yang punya mesin waktu adalah john titor..

    jadi,,buat mastiin indonesia adalah atlantis ato bukan..yook kita tanya john titor aja..
    hehehe

  • gimir

    TEORI PEMBODOHAN

  • tisna

    saya rasa hal ini banyak kaitannya dengan bencana2 yang terjadi di indonesia serta bahwa negara kita termasuk dalam wilayah ring of fire, dan kita tahu beberapa penelitian mengenai situs terus TUMBUH mendapatkan TEMUAN yang sangat diluar dugaan para ahli indonesia maupun luar (piramida tua bandung maupun altar tua di cianjur), dan kita juga tahu kita memiliki KARST DUNIA yang memang telah diakui oleh ahli 2 dari luar.

    saya rasa dengan hal demikian kita patut untuk mendapatkan semangat bahwa nusantara memang memiliki warisan yang sangat LUAR BIASA, sehingga bangsa indonesia wajar bila suatu saat menjadi bangsa yang LUAR BIASA!!

    Ayoo semangat wahai anak bangsa indonesia!!! :)

  • rauf mubarok

    ya smoga aja di indonesia

  • schevner

    bukankah pegerakan lempeng kontinen bisa dirunut pergeserannya? lalu sebelas ribu tahun lalu paparan sunda berada dmn? cocokkah dengan lokasi atlantis saat itu?

  • admin

    11.000 th yl ga kemana-mana dalam konsep tektonik lempeng… secara regional tdk banyak berubah dg sekarang.

  • D'faizgirl

    no comment..

  • huhu

    lulusan ITB gadungan

  • aaaaaa

    terlepas dari subyektifitas saya sebagai orang indonesia, saya ko cenderung stuju ya sama pendapat atlantis berada di indonesia..karena dalam buku itu,meskipun dalam bahasa sederhana, Prof Arysio dapat menjelaskan argumen keberadaan atlantis dari sisi sejarah, geologi, budaya, bahasa, ilmu pengetahuan….Prof Arysio bisa menjelaskan pola pemujaan terhadap dewa2, pola kebudayaan, pola sastra dan pola bahasa di seluruh dunia, jika dirunut memiliki satu sumber yaitu atlantis….

  • Jangan kuatir Broooo…ada jejak kecerdasan luar biasa yang tidur dalam otak manusia Indonesia….disini sebelumnya pernah aktif. Sekarang bagaimana cara mengaktifkannya ? Hahahaha…..

  • ape kuw gagak

    tenang kalo soal cari tau soal letak atlantis gua jagonya lalu ikutin caranya:

    1.ambil peta dunia/globe lalu liatin terus klo udah bosen next step

    2.ambil kertas HVS & pensil gambar atlantis sesuai pikiran kita klo belum tau atlantis dimana next step

    3.ambil penggaris lalu pukul tangan kita sendiri (yang keras mukulnya)next step

    4.ntar kita sadar kalo apa gunanya debat soal atlantis wong negara kita aja belum bener malah ikut-ikutan debat masalah atlatis

  • mella

    Mungkinkah waktu itu atlantis kiamat,lalu turunlah nabi adam.nahh…inikan 2012,kalo kita kiamat siapa lagi ya..yang bakal turun ke bumi.lalu apa nama kebudayaan kita yang hilang.hehehe………….

  • Aliya

    Setelah mengarang cerita Gajah Mada menaklukan Sulawesi yang membuat orang2 bugis makassar marah dan membakar buku PSPB, kini Atlantis lagi.. ckckck jawa.. jawa.. ckckck. Orang Jawa semakin lama justru merusak sejarah mereka sendiri..

    Terkadang berlebih-lebihan dengan dusta yang dilakukan seorang penipu, mengakibatkan kedustaan-kedustaan itu tampak baginya sebagai kebenaran. Dia lupa, bahwa dirinya sendirilah yang menciptakan kebohongan-kebohongan tersebut.. Seperti kisah seorang pandir yang lagi menipu anak-anak yang sering mengganggunya. Untuk mengusir mereka, ia berkata kepada anak-anak itu ada pembagian kue secara Cuma disudut kota sebelah sana. Anak-anak kecil itu karena mempercayai bualannya kemudian pergi beramai-ramai ketempat yang ditunjukan. Setelah anak-anak itu pergi, dia berkata pada dirinya sendiri.. “iya ya? jangan-jangan memang ada pembagian kue disana.” :-)

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>